TANGGA

Tangga adalah bagian dari bangunan bertingkat yang berfungsi untuk penghubung sirkulasi antar lantai bangunan bertingkat dengan berjalan naik atau turun menggunakan trap (anak tangga).

Tangga terdiri dari dua jenis yaitu tangga utama (berfungsi untuk sirkulasi orang berjalan kaki serta ke lintasan utama pada bangunan gedung antar lantai tingkat dalam kondisi keseharian karena menjadi sirkulasi utama maka pada tangga utama harus memenuhi persyaratan kenyamanan pemakaian untuk naik maupun turun yang tidak melelahkan dan membahayakan pemakainya) dan tangga darurat (merupakan tangga yang digunakan untuk mengevakuasi atau menyelamatkan penghuni gedung dari pengaruh bahaya). Tangga-tangga tersebut memiliki berbagai macam ragam dan bentuknya dari yang biasa sampai bentuk yang rumit (bila ditinjau dari sisi pembuatannya). 
 
 
Bagaimana jika salah satu bagian dari anak tangga tersebut mengalami kerusakan (seperti yang terjadi pada gambar di bawah ini).

Retakan-retakan tersebut bisa menjadi lebih parah bila tak segera diperbaiki dan akan menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan bila pengguna tangga tidak memperhatikan jalannya dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya dalam berjalan atau melakukan sesuatu, kita selalu berhati-hati dan agar tangga yang rusak untuk segera diperbaiki supaya tidak terjadi kecelakaan.

Reply to this post

Posting Komentar